Makalah Tentang Sharing Printer By::::Andy wijaya

on Jumat, 12 April 2013
KATA PENGANTAR
 Puji syukur, saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena saya dapat membuat makalah ini. Saya berharap makalah ini dapat memberikan suatu dampak positif bagi kita semua. 
Di sini saya akan membahas mengenai Langkah-Langkah Sharing Printer  yang akan dijelaskan lebih lengkap dan mendetail mengenai Langkah-Langkah Sharing Printer.  Mengenai betapa pentingnya, tujuan dan hasil-hasil yang akan kita dapatkan dari pembuatan Makalah ini.
Semoga setiap kata dan tulisan yang ada dalam makalah ini dapat memberi kontribusi yang nyata untuk membawa kehidupan kita bersama ke arah yang lebih baik.



Pamekasan,………………….. 2013
Penyusun

Andy Wijaya


DAFTAR ISI

Cover...................................................................................................................... i
Kata Pengantar...................................................................................................... ii
Daftar Isi................................................................................................................ iii
Daftar Isi................................................................................................................. v
BAB I : PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang............................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah....................................................................................... 2
C.     Tujuan Makalah........................................................................................... 2
D.     Mamfaat makalah ....................................................................................... 2
E.      Metode Penelitian........................................................................................ 3
BAB II : PEMBAHASAN
Langkah Langkah Sering Printer ................................................................. 9
BAB III : PENUTUP
A.     Kesimpulan................................................................................................. 20
B.     Saran........................................................................................................... 20
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................ 20




BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
          Manfaat makalah ini saya bisa mempelajari tentang bagaimana cara Langkah-Langkah Sharing Printer. Setelah mengetahui manfaat tersebut maka sangat penting jika hasil belajar Langka-Langkah Sharing Printer. Bisa saya pelajari kembali dengan adanya Makalah ini. Walaupun demikian, namun pada kenyataannya hasil belajar tentang Langkah-Langkah Sharing Printer masih belum sesuai dengan harapan. Hal ini bisa dilihat masih rendahnya hasil belajar Langkah-Langkah Sharing Printer  di sekolah. Namun perlu diketahui bahwa, cara pembelajaran yang dikerjakan dengan baik akan menjadi efektif bila pesan yang akan disampaikan itu bersifat pemberian informasi, bahkan bila dengan informasi yang ada di Makalah ini  akan menjadi lebih  efetif.
          Walaupun makalah ini dianggap kurang efektif karena informasi yang kurang memadai dan dengan singkatnya waktu, hanya ini yang dapat saya ketahui tentang Langkah-Langkah Sharing Printer.
Setelah mengetahui sedikit kutipan tentang Langkah-Langkah Sharing Printer , bedasarkan teori dan konsepnya, kiranya pembelajaran ini dapat munutupi beberapa kekurangan yang ada pada pembelajaran Langkah-Langkah Sharing Printer..
          Hanya ini yang bisa saya sampaikan di Makalah ini, jika ada kritik dan saran  untuk melengkapi kekurangan Makalah ini, saya ucapkan terima kasih.
              B. Rumusan Masalah
Dari rumusan Makalah diatas dapat ditarik rumusan masalah yaitu pembelajaran Langkah-Langkah Sharing Printer sangat berguna bagi pelajar . Terlebih lagi cara ini bisa sangat menghemat penggunaan printer terutama untuk Lab, Kantor, dan Rental Komputer.

C. Tujuan Makalah
Tujuan Makalah  ini adalah untuk mengetahui  pembelajaran Langkah-langkah Sharing Printer yang  efektif dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Langakah-Langkah Sharing Printer .
          D. Manfaat Makalah
                   Manfaat dan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.     Bagi penulis
a.     Sebagai tambahan pengetahuan dan pengalaman pembelajaran Sharing Printer.
b.     Bisa lebih mengetahui tentang sharing printer yang lebih efektif dalam pembelajaran terutama seorang siswa seperti saya.
2.     Bagi guru
a.     Sebagai informasi untuk menggunakan strategi yang lebih efektif.
3.     Bagi siswa sebagai pengalaman belajar tentang sharing printer.

BAB II
LANGKAH-LANGKAH SHARING PRINTER
Dalam ulasan kali ini saya akan memaparkan langkah-demi-langkah setting printer agar dapat dipakai oleh beberapa komputer/klien dengan memanfaatkan fasilitas File and Printer Sharing punya Windows.
Saya sengaja memuat kembali tulisan ini bagi rekan-rekan yang masih membutuhkan. Terlebih lagi cara ini bisa sangat menghemat penggunaan printer terutama untuk Lab, Kantor, Rental Komputer dan terutama untuk warnet seperti yang saya miliki.
Sebelum memulai langkah berikut saya asumsikan Anda telah menyiapkan jaringan LAN Anda. Masing-masing komputer sudah memiliki IP addres yang tepat dan tergabung daam sebuah workgroup. Di sini saya pakai nama default “WORKGROUP” untuk nama network yang saya gunakan.
Pada proses printer sharing ini ada dua tahap yang perlu dilakukan sebagai berikut:
Pertama, Membuka Fasilitas Sharing Printer pada komputer Host. Yang dimaksud dengan komputer host adalah komputer yang memiliki printer. Kalo di rental atau warnet, seringkali komputer host ini disebut sebagai server layanan.
Printer yang ada di komputer inilah yang nantinya dibagi dan dipake rame-rame dengan memanfaatkan fasilitas File and Printer Sharing Windows. Namun ada baiknya Anda pastikan terlebih dahulu bahwa driver printer sudah terinstall dan dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya lakukan langkah berikut:
1.      Buka Control Panel > Printer and Faxes, klik kanan pada Printer Anda > PilihSharing. Dalam contoh ini saya pakai Printer Epson C90 Stylus Series.
2.     Selanjutnya akan muncul Tab Sharing Properties seperti di bawah ini. Pastikan Anda memilih Checkbox Share this printer, Beri nama sesuka Anda dan akhiri dengan klik OK. Jika ada permintaan CD Windows, atau konfirmasi dari printer sharing, pilih “Just Enable File and Printer Sharing” dan Klik OK.


Sampai di sini setting komputer host sudah selesai.

Selanjutnya Tahap kedua, yakni Setting Printer di komputer klien. Berikut langkah-langkahnya:
a.     Buka Control Panel > Printer and Faxes > Pada tab di sebelah kiri pilih Add a Printer. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
b.     Selanjutnya akan terbuka Add Printer Wizard, Klik Next
3.     .Pilih tipe printer yang akan digunakan,pastikan Anda memilih Network Printer > Next
4.     Browse printer pada jaringan Anda, pastikan Anda tidak salah alamat akhiri dengan Next
5.      Komputer akan mengkonfirmasi apakah Printer Jaringan ini akan dijadikan Printer Utama? Pilih sesuai kebutuhan. Saya menyarankan Anda pilih Yes > Next
6.     Akhiri Wizard dengan klik Finish.

Anda sudah berhasil mengkoneksikan komputer klien ke printer jaringan. Berikutnya, silakan Anda print sebuah dokumen dari komputer klien menggunakan printer yang baru saja Anda setting.








Langkah-langkah Sharing Folder
1.      Anda buka my document sebelum anda memulai sharing buatkan folder baru lalu enter
2.     Setelah itu klik folder ygkita buat lalu klik file,pilih sharing and security3
3.     Setelah muncul pilihan pilihlah sharing lalu pilih share this folder in the network
4.     Lalu pilih ok dan akan muncul tanda berbentuk tangan yg menyatakan bahwa folder telah di Sharing
 


















BAB III

PENUTUP

          Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam Makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau  referensi yang ada hubungannya dengan judul Makalah ini.
          Saya banyak berharap para pembaca yang memberikan kritik dan saran yang membangun kepada saya demi sempurnanya Makalah ini dan Makalah  di kesempatan
 berikutnya.
          Semoga Makalah ini berguna bagi saya pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.















DAFTAR PUSTAKA

http://andymassal.blogspot.com/
http://andycybeer.blogspot.com/














0 komentar:

Posting Komentar